Powered By Blogger

Jumat, 26 Juli 2013

Keluhanku




Hai semua , para pemilik kehidupan. Apa ada yang ingin bertukar hidup denganku? Iya , aku. Aini Nur Lestari atau nama pendeknya Tari. Aku lelah dengan hidupku. Aku lelah selalu salah. Mungkin kalian berpikir jadi aku enak. Anak dari seorang ibu yang di kenal oleh banyak orang. Anak yang terlahir di keluarga tentara. Adik dari seorang kaka perempuan yang pinternya banget banget. Kaka dari seorang adik yang ngegemesin minta ampun.
Iya , itu sisi hidupku jika di pandang aku harus mensyukuri jalan Tuhan. Tapi aku juga lelah jika terus berpura-pura menikmati hidupku. Ada kalanya aku merasa sebagai sampah. Apa kalian pikir menyenangkan jika tiap pagi harus nyuci piring , pulang sekolah langsung pulang bantuin mama , ninggalin kehidupan remaja di SMA yang hanya satu kali dalam hidup , menyia-nyiakan sahabat-sahabat yang baik hati dan hangat , jadi babu di rumah. Belum lagi kalo si anak pertama datang. Siaplah aku di bully , aku yang paling di jadikan kacung , aku yang paling sering  jadi bahan ledekan , dan aku yang sering di cap tidak berguna.
Iya , aku emang bukan kakak ku. Dari SD udah jadi juara cerdas cermat sama olimpiade , sekolah di sekolah favorit , waktu SMP dia masuk kelas akselerasi , di SMA selalu juara kelas , di SMA juga dia masuk kelas yang papa bilang kelas favorit yaitu kelas IPA , sampe sekarang udah kuliah di jurusan tekno fisika. Aku tau , kakak ku emang sekarang jauh sehingga apa-apa selalu di duluin. Ini itu ini itu mama papa gak pernah lihat aku. Gak pernah denger opini ku. Aku selalu di nilai masih kecil , ucapanku selalu di anggap omong kosong.
Cukup tidak adil juga bagiku , adikku yang masih kecil juga manja. Padahal aku ingat selagi aku seusianya papa suka jewer aku kalo gak solat , papa ngajarin aku keras , di sentak , di ajak lari , makan seadanya. Tapi adikku? Begitu dimanjakan. Jika tidak solat hanya di elus kepalanya , minta uang setiap hari nyampe puluhan ribu buat main game di warnet. Lalu aku ? kalo sekolah libur ya uang jajan juga libur. Mama nyampe rela ga ngasih aku makan karena uang nya di kasih ke adik aku buat main game. Bekel sehari-hari sama 10rb , padahal aku udah kelas 2 SMA adik ku masih SD. Adil? apa karena adik ku bungsu dan selalu di anggap masih kecil. Hellow dia udah kelas 5 SD , otaknya anak TK. Nakalnya kebangetan. Ganteng nya juga kagak ada. Tapi adik selalu di anggap special. Karena dia punya indra keenam gitu , yang mama yakin udah gede nanti adik bakal sukses.
Tapi aku juga merasa aku tidak buruk. Apa dari TK aku selalu pulang pergi ke sekolah sendiri itu gak bisa di banggain? Yang berbeda sama kaka aku cengeng nya banget-banget dikit dikit nangis , dikit dikit nangis. Adik aku malu nyaa gak bisa di tahan. Dieeem aja di sekolah. Mereka selalu di antar bahkan di tungguin mama. Aku ? alone. Apa dari kelas 3 SD aku udah bisa naik angkot sendiri buat ke sekolah karena aku sekolah di tempat yang cukup jauh dari rumah itu gak bisa di bilang hebat ? selama SD aku selalu juara kelas apa itu bukan kepandaian? Mulai dari 4 SD aku udah suka ikut kemping , dan ikut kejuaraan olah raga itu bukan prestasi ?
Aku gak ngerti sama pikiran mama papa. Apa aku disini tak ada bedanya dengan pembantu yang hanya tinggal menumpang dan tak pantas di bilang hebat? Apa mama pikir orang hebat itu orang yang mau berbisnis dengan mama buat ngeboongin papa tentang uang ? orang yang selalu minjemin mama uang kayak kaka aku , iya ? ma , beda. Sekali lagi aku tegasin aku bukan kakak. Aku emang tidak seperti kaka ku yang jika di minta uang sama mama bakal ngasih tabungan nya dan nuntut seenak jidatnya kalo dia pengen sesuatu. Kenapa mama gak pernah dengerin alesan aku pelit sama mama. Aku kayak gini karena aku sayang sama mama. Aku gak mau ngerepotin mama. Aku ngumpulin uang bukan Cuma Cuma , aku ngumpulin uang karena aku ingin membeli suatu barang agar aku tidak usah minta uang lagi sama mama. Apa tenaga aku selama ini bantuin mama bukanlah hal yang berarti? Semua kerjaan aku di rumah bisa hilang dan gak berbekas hanya gara-gara sekali saja aku mengeluh? Adil ma ? mama akan terus mengumbar-ngumbar kesalahanku yang satu itu dan tidak berterimakasih akan bakti ku selama ini? Sakit mah.
Papa. Apa papa pikir orang yang hebat itu orang yang pandai dalam hitungan sains. Orang yang kuliah di jurusan teknik. orang yang seperti kakak. Iya ? papa meragukan ku untuk bisa maju karena aku memilih jurusan IPS di tingkat SMA? Papa yang bodoh. Dari kecil aja papa tau kan kalo aku juga berprestasi sama kayak kaka. Cuman kita berbeda bidang. Kalo kaka di SD juara cerdas cermat , aku udah berani berpetualang tanpa orang tua dengan ikut kemping , bergaul sana sani , ceria , segala macem deh. Kalo papa pikir bangga punya anak yang ikut pentas angklung di sekolah nya kayak kakak , apa punya anak yang ikut kejuaraan olah raga setingkat kabupaten itu gak bisa di banggain juga ? iya aku emang gak sepinter kakak tapi aku merasa lebih berani , lebih berbakti dan lebih mandiri. Papa liat aja. Udah jadi mahasiswi semester 7 aja kakak masih harus di anter jemput segala , minta kendaraan , minta uang jajan tiap seminggu dua kali , yang di saat Kerja Praktek di Tangerang aja masih ngerepotin minta anter jemput ? cuih banget tau ga. Liat pa ntar kalo aku udah gede. Aku gak akan banyak minta uang saku kalo kuliah , aku bakal usaha cari kerja buat mencukupi keseharian aku disana. Aku gak akan minta anter jemput aku bisa berangkat kesana kesini sendirian. Dan kalo papa pikir jadi anak IPA itu hebat karena mungkin bisa kerja di kantoran. Liat ntar pa , aku bakal tunjukin papa salah besar , IPS juga hebat karena anak IPS lah yang menciptkan lapangan pekerjaan. Tapi bukan IPS pa yang aku minati , aku berminat ke sastra. Aku ingin jadi seniman sastra. Aku tidak ingin hidup mewah namun tak bahagia. Aku ingin hidup tercukupi dan bahagia.
            Aku gak mungkin lupa waktu papa maksa aku ikut ke jogja buat nganterin kakak karena hari senin kakak ada ujian hari pertama di kampus. Papa gak pernah mau dengerin alesan aku yang gakmau ikut karena hari senin juga aku masih ujian di sekolah. Papa tetep maksa aku ikut. Dan di jalan aku terus mengeluh ingin buru-buru pulang karena aku ingin belajar buat ujian di sekolah. Dan papa diem aja waktu tau kalo kaka ujian nya jam 10 dan cuman 1 pelajaran. Sedangkan aku ? masuk jam 7 dan 3 pelajaran. Papa gak bertanggung jawab. Papa gak adil. Papa pilih kasih. Kenapa selalu kakak yang di dahulukan. Sampe-sampe aku harus belajar di mobil dan pada hari senin kesiangan karena perginya sabtu malem.
            Mama , iya aku emang pelit sama mama itu juga kadang-kadang kok. Tapi kenapa mama selalu mendahulukan kakak , beli barang ini itu ini itu yang jarang sekali ingat aku? Mama tau ga aku benci kalo mama beliin kakak barang sedangkan aku gak di beliin , tapi yang lebih aku benci kalo mama beliin kaka barang warna ungu. Mama tau dong gimana iri nya aku , aku suka banget sama warna ungu. Kalo mama belum bisa adil beliin kaka barang dan gak beli buat aku , okey gapapa. ASAL JANGAN WARNA UNGU TITIK. Mama bisa ngerti kan ?
            Aku masih bisa ngerasain jleb nya waktu papa bilang ke kakak “kamu harus jadi orang sukses. Gak usah mikirin apa-apa dulu udah mikirin dirimu sendiri dulu aja” hello papa nyepet aku karena aku ngeyel gakmau masuk IPA dan masih beranggapan IPS suram ? papa jahat tau ga. Papa gak mau aku suskes ? papa gak pernah bilang gitu sama aku , papa selalu nyuruh aku ngalah dan mikirin perasaan orang lain. Papa selalu nyuruh aku buat peduli sama sekitar. Papa selalu dukung mama buat menjarain aku di dalam rumah , padahal papa tau AKU ANAK PETUALANG. Bukan dunia aku jika harus terus berdiam di rumah , namun itu sering ku jalani karena uang yang terbatas -_-
           
Astagfirullahaladzim. Maafin aku Tuhan , aku sedang kesal sekali. Aku merasa di anak sampahkan. Mengeluh dan bersabar padahal sama , sama-sama gak bisa ngindarin dari nasib. Tapi sabar ada batas nya kan? Sabar itu emang indah tapi bikin capek. Bikin kita ngerasa makin di injek-injek (aku pikir). Dan menurutku juga sekarang aku bukan ngeluh. Aku hanya protes di perlakukan tidak adil seperti ini. Aku unjuk rasa ingin mengambil hak ku , iya hak untuk di pandang hebat. Karena aku tak kalah dari kaka dan adikku.

Inilah kisah ku disisi pahit nya , terimakasih sudah mau mendengarkan ku. Ini sudah membuatku merasa lebih baik :’)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar